Laman

Monday, April 18, 2016

Aku Ingin Menjadi ! Admin Server

Admin Server
Admin Server

Assalammu’alikum Wr. Wb.

Server merupakan suatu perangkat jaringan yang memberikan layanan terhadap client atau pengguna. Server dituntut untuk memberikan pelayanan kepada pengguna secara handal dan setiap saat. Untuk menunjang kinerja dari server, maka dibutuhkan analisa kebutuhan untuk server.

Server yang lemah, tidak handal, bahkan tidak bekerja dengan baik akan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Jadi, jika kalian ingin membuat server, maka kalian harus mempertimbangkan beberapa faktor yang akan juragan bahas di bawah.

Pembuatan server harus disesuaikan dengan hardware, software, dan kegunaan. Oleh karena itu kalian harus membuat sebuah laporan analisa kebutuhan server. Adapun isi dari laporan analisa kebutuhan server, antaralain :

1.       Kebutuhan minimal server.

Meliputi kapasitas RAM, Hardisk, Clock Rate CPU, Perangkat IO, Up Time, Power. Juragan mau ngasih tips buat kalian semua, yaitu cara melihat kebutuhan minimal server “caranya gan?.” Caranya dengan mengukur kebutuhan server dalam kondisi maupun posisi yang sangat buruk, disitulah perangkat minimal yang harus dimiliki komputer akan terlihat.

2.       Kemampuan optimal server.

Dari segi hardware, kemampuan optimal server hampir sama dengan kebutuhan minimal server. Yang membedakan keduanya adalah, jika kebutuhan minimal server diukur saat server berada di posisi yang buruk, tapi kemampuan optimal server diukur saat server berada pada posisi normal.

Pada analisa ini, server harus memiliki software dan layanan yang didukung oleh server, misalnya Web, FTP, DNS, DHCP, dan masih banyak lagi.
Kemampuan optimal komputer server

Software untuk komputer server


Seseorang yang bertugas mengendalikan server adalah admin server. Tugas utama dari seorang server adalah membangun, mengelola, dan memperbaiki server. Admin server dituntut untuk melakukan update software, agar server dapat berjalan dengan lancar.

Admin server tidak dapat bekerja sendirian, supervisor, atau bahkan pekerja yang dari non-teknis harus saling bekerja sama. Seorang admin server dituntut untuk bisa menalar atau mengira-ira kerusakan yang terjadi di server, lalu memperbaikinya.

Server tanpa ada seorang client, bagaikan sebuah rumah tanpa ada penghuninya “cie...cie...kata mutiaranya juragan.” Client dan server merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan, server bertugas menyediakan sumber daya yang dibutuhkan client, client melakukan koneksi ke server untuk mendapatkan sumber daya.

Di bawah ini adalah contoh dari beberapa program yang berjalan dengan model client, antara lain :
Software untuk komputer server


Komunikasi yang tejalin antara server dengan client berjalan di atas protokol yang sama, protokol akan mengambil data lalu menerjemahkan, melakukan proses formating lalu mengeluarkan keluaran data yang sudah beragam, jadi dengan proses ini antara server dengan client akan mudah untuk memahami perintah.

Personal komputer server harus menggunakan sistem operasi server “Kenapa harus sistem operasi server, juragan ?.” Soalnya, sistem operasi server dirancang untuk pengoptimalan hubungan jaringan. Contoh dari fitur sistem operasi server, antara lain : multi-user, kamanan, stabilitas dan kolaborasi “Kaya mau nyanyi aja, harus pakai kolaborasi.”

Ada banyak sekali sistem operasi server, namun yang paling umum digunakan adalah Windows Server dan Linux. Perbedaan antara Windows Server dengan Linux Server adalah, Windows Server dilengkapi dengan program-program komersil dari Microsoft, sedangkan Linux Server hampir semua program maupun software dapat dipasang disini keculai software yang dikhususkan untuk Windows Server.

Sekian artikel dari juragan, tunggu review dari admin server.

 Wassalammu'alikum Wr. Wb.


7 comments:

  1. nice gan (y) unik dan keren artikelnya

    ReplyDelete
  2. Mantap masbro, sekalian masbro ditampilkan bugdetnya berapa kalo ingin jadi admin server..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mas Angga. Nanti pasti saya portkan berapa budget untuk server.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Job ane sekarang nih gan. Secara kantor/freelance.. Kunbal gan ke wibono[dot]web[dot]id hehe

    ReplyDelete
  5. ada teman gue yang butuh nih info..ijin share yah gan

    ReplyDelete