Laman

Thursday, April 21, 2016

Cara Remote Komputer Server Dari Jarak Jauh

R3emote komputer
Cara Remote Komputer


Assalammu’alikum Wr. Wb.

Dalam zaman yang serba cepat ini, perkembangan teknologi juga semakin cepat. Bahkan sekarang seorang administrator dapat mengendalikan komputer servernya dari jarak yang jauh, kegiatan tersebut biasa disebut dengan remote komputer “O, ane kira remote TV, xixixix.” Nah, ini yang juragan mau bahas pada artikel ini, yaitu cara remote komputer server dari jarak jauh.

Artikel ini juragan tujukan pada newbie admin server, tapi buat kalian yang ingin belajar tentang admin server juga boleh mempraktekkan artikel ini. Semua yang ada di dalam artikel ini sudah juragan praktekkan dan hasilnya sukses, jadi kalian jangan khawatir lagi tentang keberhasilan praktek dalam artikel ini.

Dalam remote komputer kali ini kalian harus punya akses internet dan juga SSH Server. “Lah, koq pakai SSH Server, gan?.” SSH Server merupakan salah satu aplikasi yang menerapkan protokol SSH, sehingga kita dapat mengakses komputer server dengan komputer lain dalam suatu jaringan dengan menggunakan mode teks.

Basa-basi udah, penjelasan udah, tinggal apa lagi, ya ? “tinggal praktek, gan.” OK, langsung aja yuk ke TKP......

Sebelum praktek, kalian harus mempersiapkan sedikit software, antara lain :
  • 1.       OpenSSH Server.
  • 2.       Putty (untuk LINUX).
  • 3.       WinSCP (untuk Windows).


Jika software yang ada di atas sudah tersedia, saatnya eksekusi. ”Kaya hukuman penjara aja, pakai dieksekusi, juragan ini gimana sih.”

Langkah pertama adalah menginstall SSH Server “caranya gimana, gan ?” OK, juragan kasih tau caranya :
1.       Masukkan CD software OpenSSH Server.
2.       Buka terminal, pastikan dalam posisi sebagai “root”
3.       Setelah masuk kedalam root, ketikkan perintah.


4.       Apabila berhasil, maka tampilan dari terminal akan seperti pada gambar di atas. Jika berhasil, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah aktivasi dari SSH Server, caranya, gan ? ketikkan perintah


5.       Ubahlah pengaturan jaringan di virtualbox menjadi Host-Only.
Langkah kedua, Koneksi Ke SSH Server Dari Klien.

Menggunakan Linux Debian.


1.       Buka aplikasi Putty, cari kolom Host Name (or IP Adress) lalu masukkan IP server ke dalam kolom, sebagai contoh :192.168.56.102. Tekan Enter.

2.       Setelah itu akan keluar terminal dari Putty, masukkan username dan pssword untuk masuk ke server Debian yang sudah kalian install.

3.       Apabila login yang kalian lakukan berhasil maka tampilan pada terminal Putty akan sepeti tampilan setelah login pada Debian.


Menggunakan Windows.


1.       Buka aplikasi WinSCP, klik menu New Site.
2.       Pada kolom Host name “isikan ip  dari server Debian dan jangan lupa masukkan user dan passwordnya untuk masuk ke server Debian.”

3.       Kemudian klik Login, jika muncul jendela warning, pilih aja “Yes”.

4.       Apabila login yang kalian lakukan berhasil, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

5.       Selesai.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka kalian dapat mengendalikan atau mengoperasikan komputer server kalian dari jarak yang jauh. Artikel ini juragan buat hanya untuk pembelajaran semata, jangan digunakan untuk KEJAHATAN!!!.

Sekian artikel yang dapat juragan tulis buat kalian-kalian semua, semoga dapat bermanfaat untuk kehidupan kalian...Amin!!!

Tetap stay di blognya juragan, dan tunggu updatean dari artikel cara remote komputer server dari jarak jauh. OK, bila ada salahnya juragan mohon maaf yang sebesar besarnya. Untuk kritik dan saran dapat kalian tulis di form komentar.


Wassalammu’alikum Wr. Wb.


No comments:

Post a Comment