Laman

Wednesday, April 27, 2016

Mari Mengenal CISCO

Cisco
CISCO


Assalammu’alikum Wr. Wb.

Pada saat NTFS (Network Training For Student) di Universitas Negeri Surakarta, juragan tidak sengaja melihat sebuah router dengan label Cisco yang ditanam di dalam plafon ruangan kuliah. Hampir semua orang yang ada di sana membahas tentang router ini. Mereka hanya beranggapan sesuai dengan yang mereka pikirkan, dan ada juga yang sedikit ngawur. Jadi juragan putuskan untuk membahasnya di artikel juragan kali ini, biar gak ada lagi yang berpendapat secara ngawur, sekalian juragan ngebagiin pengalaman juragan kenalan sama yang namanya Cisco..xixixi....

OK...pasti penasaran, kan ? Dari pada juragan basa-basi terus malah buat kalian jadi bosen, mending langsung aja nih, simak artikel yang udah juragan tulis buat kalian.....CEKIDOT!!!

Cisco atau nama lainnya Cisco System merupakan nama dari perusahaan yang didirikan pada tahun 1984. Cisco didirikan oleh dua orang mantan staf dari Stanford University yang bernama Leonard Bosack dan Sandy K. Lerner. Mereka berdua mulai menggarap proyek jaringan komputer ketika salah satu perusahaan perangkat komputer dan jaringan Xerox PARC menghibahkan beberapa komputer Alto dan Ethernet Card kepada Stanford University, staf yang ada di Universitas tersebut langsung melakukan riset pada dua perangkat tersebut.

Hingga akhirnya dua staf tadi rela menginvestasikan sebagian uangnya untuk project pengembangan multiprotokol router yang diberi label Cisco. Pada mulanya perangkat multiprotokol router tersebut ditanam di dalam suatu perangkat yang berbentuk seperti komputer. Cisco bergerak di dalam bidang internet maupun networking. Alat yang sudah pernah diproduksi oleh Cisco antara lain router, bridge, hub, dan switch.

Cisco juga mengeluarkan sistem operasi untuk jaringan yaitu Cisco IOS yang digunakan untuk prangkat router maupun switch yang berlabel Cisco. Sistem operasi ini tergolong sistem operasi multitasking yang menyediakan beberapa fungsi-fungsi jaringan yang antaralain, routing, switching, internetworking, dan telekomunikasi.

Cisco IOS sudah dibekali command line interfaces atau yang sring kalian kenal dengan CLI, sistem operasi ini juga dibekali dengan sekumpulan perintah dasar. Pada awalnya perangkat router yang diproduksi oleh Cisco belum meliki fungsi CLI, jadi untuk program maupun file konfigurasi harus disiapkan sendiri di komputer, baru setelah itu ditransfer ke perangkat Cisco dengan menggunakan bantuan TFTP (Trivial Fil Transfer Protocol).

Cisco IOS dianggap lebih mudah dari pada LINUX/UNIX OS. Baik Cisco IOS CLI maupun LINUX/UNIX OS memiliki kemiripan konsep perintah di antara keduanya.

Cisco juga menyediakan jasa pendidikan bagi setiap orang yang ingin belajar tentang Cisco. Pendidikan tersebut diberi nama Cisco Networking Academy yang memiliki tujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang ahli dalam bidang jaringan komputer.
Bagi kalian yang ingin mencoba bejar tentang Cisco Networking Academy, di Indonesia sudah ada lembaganya yang menyediakan training dan test CCNA atau sertifikasi Cisco.

Udah sampai penghujung nih, udah dulu ya perkenalan sama Cisconya ?Juragan janji, pasti nanti juragan buatkan artikel tentang Cisco lagi, tentunya yang lebih berisi. Pesan juragan buat kalian semua “Jangan hanya mencoba satu jenis perangkat, jika kamu sudah berhasil maka cobalah perangkat yang lain.” Artikel dengan konten mari mengenal Cisco dapat kalian share ke teman-teman kalian. Silahkan sampaikan kritik, saran maupun opini kalian ke artikel ini, karena kenyamanan kalian merupakan kebahagiaan buat juragan-juragan yang ada di sini.

Wassalammu’alikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment