Laman

Saturday, April 23, 2016

Apa Itu DNS ? Dan Bagaimana Cara Mengkonfigurasinya ?

DNS
DNS


Assalammu'alikum Wr. Wb

Pada artikel ini juragan membahas tentang apa itu DNS ? dan bagaimana cara mengkonfigurasinya ?. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak artikel dibawah ini dengan seksama. OK......

Bagi adik-adik juragan yang mau belajar tentang jaringan, juragan buatkan satu artikel tentang dasar dari pembelajaran jaringan yaitu DNS. DNS atau Domain Name System merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk menyimpan nama host dan nama domain dalam format data tersebar di dalam suatu komputer.

“Lho, bukannya DNS itu Domain Name Service ya, juragan ?.” Iya memang, Domain Name System dengan Domain Name Service, keduanya sama-sama berfungsi sebagai penyimpan dari nama host, perbedaanya adalah pada Domain Name Service berguna untuk mengembangkan pengelolaan sistem penamaan komputer.
Pada hakikatnya, manusia mudah mengingat kata dari pada mengingat deretan angka, hal inilah yang mengilhami penciptaan dari DNS, yaitu untuk mempermudah brainware mengakses website menggunakan nama dari pada menggunakan deret angka IP.

Mungkin sebagian orang menganggap pelajaran tentang DNS merupakan pembelajaran yang mudah, tapi dalam praktekknya justru pelajarn inilah yang paling sulit, soalnya di dalam konfigurasinya harus runtut.

Untuk memberikan contoh dalam konfigurasinya, juragan akan memberikan contoh praktek konfigurasi di sistem operasi Windows, karena sangat mudah dan cocok di praktekkan bagi para newbie-newbie pelajar jaringan. Untuk lebih lanjut silahkan simak langkah-langkah konfigurasi DNS di windows berikut ini.


  • Klik kanan pada icon jaringan, kemudian pilih Open Network and Sharing Center
  • Pilih Change adapter setting pada kolom sebelah kanan.

  • Klik 2x pada adapter Local Area Connection untuk personal PC dan Wireless Network Connection untuk Laptop/Notebook.
  • Pada jendela Local Area Connection Properties, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), setelah itu klik properties yang ada di bawah.

  • Pada kotak isian Use the following DNS server Addresses. Untuk contoh, silahkan isi dengan DNS dari Google, yaitu :


Preferred DNS server: 8.8.8.8
Alternate DNS server: 8.8.4.4

  • Untuk menyimpan settingan DNS kalian, silahkan klik tombol OK.


Selesai sudah praktek konfigurasi DNS di Windows. Setelah ada yang menulis komentar bahwa telah berhasil, pasti juragan akan menambahkan tentang setting DNS yang di Linux. Memang, konfigurasi DNS di Linux sangat sulit, tapi sebenarnya jika kalian mau belajar sungguh-sungguh pasti akan terasa mudah.

Juragan hanya membuat artikel ini buat bekal adik-adik juragan yang nanti akan melakukan ujian praktek Tehnik Komputer dan Jaringan, pasti ada soal tentang DNS ini. Jadi lebih baik belajar terlebih dahulu mulai dari sekarang, agar saat ujian prkatek menjadi lancar.

Sekian artikel yang dapat juragan tulis buat kalian semua, kalian dapat membagikan sedikit ilmu dan pengethuan ini kepada teman-teman kalian. Jika kalian ingin mendapatkan pembelajaran yang lebih atau buku-bukuk tentang Tehnik Komputer dan Jaringan, kalian dapat mengikuti Google+, Facebook, atau Twitter juragan, nanti akan juragan beri. Kalau sudah follow akun juragan silahkan komen di blog juragan, agar juragan bisa tahu siapa yang follow.

Artikel ini merupakan awal dari perjalanan belajar jaringan, jadi tetaplah selalu belajar. Jangan biarkan kebodohan menguasai diri kalian, artikel yang berjudul apa itu DNS ? dan bagaimana cara mengkonfigurasinya ? ini dapat kalian akses di handphone maupun smartphone kalian, asalkan jangan mengakses website juragan lewat WC. “Ya iyalah juragan, kalau lewat WC namanya bukan ngakses website tapi ngakses jaringan pembuangan perut......xixixi......”

Wassalammu’alikum Wr. Wb.

1 comment: